Griya Sodaqo

PERANCANGAN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI KOTAK MAKANAN SEDEKAH JUMAT BERKAH YAYASAN GRIYA SODAQO INDONESIA

Bandung – Komunitas SODAQO.id dibawah naungan Yayasan Griya Sodaqo Indonesia memunyai program unggulan sedekah takjil Senin-Kamis dan jumat berkah. Program ini sederhana, yaitu membagikan makanan kepada 18 panti asuhan yatim dan duafa di Kota Bandung rekanan dari komunitas SODAQO.id. Kegiatan ini sudah berlangsung dua tahun dan tidak kurang dari 30.000 kotak makanan sudah dibagikan. Namun, kotak kemasan kotak nasi sedekah Komunitas SODAQO.id belum didesain dengan baik sebagai media branding dan promosi Yayasan.

Kemasan adalah salah satu yang dibutuhkan untuk bersaing dan menarik minat konsumen, dimana desain kemasan produk selain berfungsi sebagai pelindung produk tetapi juga sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan citra suatu perusahaan/institusi/yayasan. Kemasan dapat dikatakan sebagai cover atau sampul luar dari produk yang dijual di dalamnya, kemasan juga menjadi wajah yang ditawarkan produsen sehingga jika tampilan wajah yang ingin dijual kurang menarik bagaimana konsumen ingin membelinya. Kemasan juga mewakili kualitas dari produk yang dijual sehingga kemaan menjadi sangat penting untuk dirancang, agar harga produk di dalamnya menjadi lebih bernilai.

Rancangan kemasan yang didesain haruslah juga menampilkan citra dari perusahaan atau usaha yang dijalankan. Melalui penyampaian citra produk dan usaha maka masyarakat dapat menilai dengan pandangan kualitas yang baik pula terhadap produk dan perusahaan yang membuatnya.

Yayasan Griya Sodaqo Indonesia yang berada di Kota Bandung adalah yayasan non-profit yang fokus menyantuni anak yatim dengan program andalan sedekah takjil dan jumat berkah. Oleh karena itu perancangan desain kemasan produk sangat berpengaruh untuk berkomunikasi dengan masyarakat dalam menyampaikan visi misi Yayasan Griya Sodaqo Indonesia. Konsep utama yang digunakan Yayasan Griya Sodaqo Indonesia adalah kertas hasil recycle sebagai ide kreatif mendesain kemasan. Desain kemasan menggunakan penelitian ilmiah yaitu studi literatur, observasi, dan juga teknik analis SWOT, sehingga dihasilkan rancangan yang sesuai dengan citra dan ciri khas Yayasan Griya Sodaqo Indonesia. Desain kemasan yang diciptakan adalah pembungkus nasi, kotak nasi, dan kantong kertas (paper bag).

5 Comments

  1. First off I would like to say great blog! I had a quick question in which I’d like to ask if you don’t mind.
    I was interested to know how you center yourself and
    clear your head before writing. I’ve had a difficult time clearing my thoughts in getting
    my thoughts out there. I truly do enjoy writing however it just
    seems like the first 10 to 15 minutes are lost just trying to figure out how to
    begin. Any suggestions or tips? Cheers!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *